A. PENGERTIAN PONDOK PESANTREN
Pondok
pesantren merupakan dua kata yang saling berkaitan dan mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai tempat tinggal sementara untuk belajar agama Islam.
Kata pondok berasal dari bahasa
arab funduq yang berarti ruang tidur, wisma, hotel sederhana. Sedangkan pesantren berasal dari kata
santri dengan awalan ‘pe’ akhiran
‘an’ yang berarti tempat tinggal santri.
Menurut istilah, pesantren adalah lembaga pendidikan
tradisional Islam, tempat para
santri belajar agama Islam dan menerapkan ajaran Islam menjadi bentuk perilaku yang Islami. Menurut Imam Bawani
M, pesantren adalah lembaga
pendidikan dan pengajaran agama Islam, umumnya
dilakukan dengan cara nonklasikal.
Pada umumnya, sistem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren dibagi menjadi dua yaitu: bandongan
(sistem weton) dan sorogan.
Pertama, sistem bandongan atau sistem weton diajarkan dengan cara kiai membacakan,
menerjemahkan, menerangkan dan
mengulas kitab-kitab klasik, sedangkan santri menulis hal-hal penting petuah kiai. Cara bandongan
juga disebut cara halaqoh, yang berarti
lingkungan murid. Sebab para santri berkelompok belajar di bawah bimbingan seorang guru. Kedua,
sistem sorogan, yaitu santri membaca
ulang teks yang telah dipelajari, baik dihadapan kiai maupun dihadapan sesama santri. Pengajian
sorogan biasanya hanya diberikan kepada
santri-santri yang cukup maju, khususnya yang berminat untuk menjadi kiai.
B. SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN
1. Asal Usul Pondok Pesantren
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama
kali didirikan oleh Syekh Maulana
Malik Ibrahim (Syekh Maghribi) yang berasal
dari Gujarat. Beliau terkenal dengan julukan Spiritual Father atau Bapak Spiritual Walisongo.
Disebut demikian, karena Syekh Maghribi
menurunkan generasi yang ahli dalam agama Islam yang dikenal dengan sebutan “Walisongo” serta berperan besar dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.
Syekh Maghribi disebut juga sebagai Sunan Gresik, karena padepokannya yang dipergunakan sebagai
tempat tinggal dan sekaligus tempat
mengajarkan ilmu agama Islam ada di wilayah Gresik, Jawa Timur.
Pada awalnya rintisan pesantren tidak hanya menekankan
misi pendidikan, melainkan juga
misi dakwah. Dan misi dakwah lebih menonjol
daripada misi pendidikan. Lembaga dakwah merupakan lembaga tertua di Indonesia. Lembaga ini selalu mencari lokasi
baru agar dapat mengembangkan
misinya.
Dalam perjalanannya, lembaga pendidikan agama Islam
diteruskan oleh para kiai. Para
kiai ini biasanya menyediakan tempat tinggal untuk para santri yang ingin menelaah kitab-kitab klasik dan kemudian dikenal dengan nama “pondok pesantren”.
Seorang kiai adalah figur teladan
dan memiliki ilmu yang mendalam, baik secara teori maupun pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
Pondok pesantren yang didirikan oleh seorang kiai
mendapatkan sambutan positif dari
kalangan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan ketika awal berdirinya pesantren, seorang kiai memilih tempat
atau lokasi pesantren dari hasil
wakaf para dermawan. Biasanya pesantren berdiri
ketika kehidupan masyarakatnya banyak bertentangan dengan syariat Islam. Oleh karena itu, misi
pesantren di samping membentuk santri
agar menjadi orang yang berilmu dan berakhlakul karimah, juga menyebarkan syiar agama Islam agar taat
dan patuh terhadap perintah Allah
dan menjauhi larangan- Nya.
2. Dasar dan Tujuan Didirikan Pondok Pesantren
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan, didirikan
atas dasar tafaqqohu fiddin,
yakni kepentingan umat Islam untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama Islam. Dasar yang digunakan adalah firman Allah dalam Q.S At Taubah: 122
۞ وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا
كَاۤفَّةًۗ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَاۤىِٕفَةٌ
لِّيَتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَلِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ اِذَا رَجَعُوْٓا
اِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ ࣖ
Artinya
: “Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan
perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi
untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada
kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.
( Q.S At Taubah: 122).
Dari ayat di atas, dijelaskan bahwa untuk mendalami ilmu
agama Islam seseorang dapat
mencari ilmu tersebut di pondok pesantren.
Tujuan pondok pesantren ada dua, yaitu: tujuan umum dan tujuan khusus.
- Tujuan umum pesantren adalah untuk membina warga negara agar berkepribadian muslim sesuai
dengan ajaran agama Islam dan
menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua segi kehidupan dan mempersiapkan seseorang untuk menjadi manusia yang berguna bagi agama,
masyarakat, bangsa dan negara.
- Tujuan khusus pesantren yaitu:
- Mendidik santri untuk
menjadi seorang muslim yang bertakwa
kepada Allah, berakhlak mulia, memiliki kecerdasan,
keterampilan, dan sehat lahir batin sebagai
warga negara yang berdasarkan Pancasila.
- Mendidik santri agar
menjadi kader-kader ulama dan mubalig
yang berjiwa ikhlas, tabah, tangguh, wiraswasta, dan mengamalkan syariat Islam secara utuh dan dinamis.
- Mendidik santri memiliki
kepribadian dan semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri dan bertanggung jawab
terhadap pembangunan bangsa dan negara.
- Mendidik santri agar
menjadi tenaga-tenaga yang cakap dalam
berbagai sektor pembangunan, khususnya pembangunan material spiritual.
- Mendidik santri agar dapat
membantu peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat dalam mensukseskan terwujudnya pembangunan bangsa dan negara.
3. Prinsip-prinsip Pendidikan Pondok Pesantren
Prinsip-prinsip pendidikan pondok pesantren terlihat dalam
lima elemen dan pola hidup santri
yang memperlihatkan ciri-ciri pendidikan pondok
pesantren. Lima elemen pendidikan pondok pesantren tersebut adalah:
- Adanya kiai sebagai figure central, yaitu seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan ilmu agama
yang tinggi, menjadi panutan,
memiliki peran dan tugas untuk membimbing serta mengajarakan ilmu agama kepada para santri. Di samping itu, seorang kiai juga berperan sebagai
pusat penyelesain berbagai persoalan
dan penentu kebijakan yang berkaitan dengan
pendidikan dan pembelajaran. Dalam menjalankan tugas sehari-hari kiai biasanya dibantu oleh
para khadamnya;
- Adanya masjid. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam dan para santri, juga
sebagai tempat pembelajaran para
santri;
- Adanya santri, yaitu mereka sebagai peserta didik yang menuntut ilmu pengetahuan agama kepada
para kiainya dan mereka tinggal
berdekatan dengan rumah kiai:
- Adanya asrama, yaitu tempat para santri melepaskan lelah setelah seharian melakukan kegiatan
pembelajaran;
- Adanya kitab kuning atau kitab klasik yang menjadi sumber pembelajaran para santri.
Selain terdapat lima elemen pendidikan pondok pesantren di
atas,terdapat juga beberapa pola hidup santri sehari-hari, yaitu:
- Hidup seadanya, baik dalam memenuhi kebutuhan hidup, maupun fasilitas belajar;
- Berjiwa ikhlas, yakni: jiwa yang tidak di dorong oleh ambisi apapun
untuk memperoleh keuntungan tertentu, tetapi semata-mata hanya untuk beribadah
kepada Allah;
- Berjiwa sederhana, namun tidak berarti miskin. Sederhana mengandung unsur kekuatan dan ketahanan
hati, penguasaan diri dalam
menghadapi berbagai persoalan dan tetap berjiwa besar. Berani maju dan pantang menyerah dalam menghadapi dinamika perkembangan sosial;
- Berjiwa ukhuwah Islamiyah, yaitu; berjiwa demokratis yang tergambar
dalam dialogis dan akrab antar komunitas pondok pesantren yang dipraktikkan
dalam kehidupan seharihari. Keadaan tersebut akan mewujudkan suasana damai, senasib sepenanggungan dalam proses
pembentukan dan pembangunan
idealisme santri;
- Dididik untuk mandiri dengan tujuan untuk membentuk kondisi pondok pesantren sebagai institusi pendidikan Islam yang merdeka, mandiri, dan tidak menggantungkan diri kepada bantuan dari pihak lain;
- Berjiwa bebas dalam memilih alternatif jalan hidup untuk masa depannya dengan jiwa bbesar dan sikap
optimisme dalam menghadapi segala
problematik hidup berdasarfkan nilai-nilai
islam;
- Tergantung pada restu kiai;
- Kebiasaan untuk melakukan amal shaleh, puasa, shalat, dan taqarub pada Allah;
- Kedisplinan sangat ditekankan dalam kehidupan pondok pesantren.
C. KLASIFIKASI PONDOK PESANTREN
Secara garis besar, pondok pesantren dibagi menjadi 3
yaitu salaf, khalaf dan perpaduan
salaf dengan khalaf. Pesantren salaf adalah
pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik (kitab kuning) sebagai inti pendidikan
pesantren tanpa mengenalkan pengajaran
pengetahuan umum. Pesantren khalaf adalah pesantren yang telah memasukan pelajaran-pelajaran umum dalam madrasah yang dikembangkan secara klasikal.
Sedangkan pondok pesantren perpaduan
salaf dan khalaf adalah pondok pesantren yang tetap mengajarkan kitab kuning, juga mengajarkan mata pelajaran umum kepada para santri. Secara garis besar sebagai berikut ini:
- Pondok
Pesantren Salaf mengajarkan ilmu-ilmu agama (tafaqohu fiddin) yang bersumber pada literature Islam klasik/ kitab.
Sedangkan Pondok pesantren Khalaf mengajarkan ilmu agama dan pengetahuan umum dengan sistem pendidikan formal. Sementara perpaduan salaf
dengan khalaf adalah Di
samping mengajarkan ilmu agama
yang bersumber dari kitab kuning,
juga mengajarkan ilmu pengetahuan
umum.
- Pondok
Pesantren Salaf metode pengajaran
yang dipakai mengaji
adalah bandongan/wetonan,
sorogan dan hafalan dalam bentuk
nadzom. Sedangkan Pondok
pesantren Khalaf menggunakan
metode yang dipakai dengan
sistem klasikal (madrasah), kurikulum
mata pelajaran umum dan keterampilan
yang dipadukan dengan agama. Perpaduan salaf dengan
khalaf adalah di
samping pembelajaran menggunakan metode
bandongan/ sorogan, hafalan, juga
menggunakan metode-metode
pembelajaran modern seperti:
diskusi, ceramah, presentasi, dsb.
- Pondok
Salaf membiasakan para Santri hidup dalam kesalehan ritual (salat jamaah, salat lail, puasa sunah, dsb).
Sedangkan Pondok pesantren Khalaf kehidupan santri disesuaikan dengan program pendidikan nasional/pendidikan formal. Perpaduannya dari keduanya adalah disamping
santri dibiasakan bersifat kesalehan
ritual individual, juga menumbuhkan
kesalehan sosial.
- Pondok Pesantren Salaf Tidak mengharapkan ijazah untuk
melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau menjadi pegawai negeri. Sedangkan Pondok pesantren Khalaf Ijazah
diperlukan untuk melanjutkan ke
jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perpaduan salaf dengan
khalaf adalah memiliki
keilmuan dari kitab-kitab kuning
dan mencari penghidupan dari
pemerintah (menjadi PNS).
- Pondok Pesantren Salaf para santri biasanya kembali ke tempat asal dan menjadi guru ngaji serta peran keagamaan lainya. Sedangkan Pondok pesantren Khalaf lulusan pesantren diharapkan mampu menjadi cendekiawan muslim yang bermanfaat bagi masyarakat, agama dan negara. Perpaduan
salaf dengan khalaf adalah Alumni
santri boleh kembali ke daerah
(tempat asal) untuk melakukan pembaruan kehidupan, sehingga daerah tersebut menjadi maju.
- Pondok Pesantren Salaf sosok kiai sebagai pemimpin yang kharismatik
dan dapat dijadikan sebagai panutan para santri dan peduli terhadap kehidupan
masyarakat serta pengayom baik tikngkat local regional maupun global. Sedangkan Pondok pesantren Khalaf pemimpin pesantren yang
responsiaf selalu berpegang kepada
prinsip bahwa pesantren merupakan
lembaga untuk memberikan pelayanan
kepada komunitas pesantren dan
masyarakat. Perpaduan
salaf dengan khalaf adalah kepemimpinan
pesantren dilakukan secara
kolektif, dengan tetap menempatkan
kiai sepuh (paling tua) sebagai
acuan utama.
- Pondok Pesantren Salaf sarana prasarana sederhana dan seadanya.
Sedangkan Pondok pesantren Khalaf sarana prasarana lebih disesuaikan dengan kebutuhan santri agar KBM berjalan lancer dan memperhatikan kesehatan. Perpaduan
salaf dengan khalaf adalah sarana
prasarana pendidikan disesuaikan
dengan kebutuhan dengan tetap
berprinsip kesederhanaan dan
kehematan.Pondok Pesantren Salaf jenjang pendidikan tidak
dibatasi waktu, usia tetapi
penguasaaan kitab ditentukan dari
yang rendah sampai paling tinggi. Sedangkan Pondok pesantren Khalaf Jenjang
pendidikan dibatasi dengan waktu
dan usia. Perpaduan
salaf dengan khalaf adalah Jenjang
pendidikan dibatasi oleh waktu
minimal, tetapi memberikan kesempatan
bagi yang proses belajarnya kurang
standard.
Contoh pondok pesantren salaf,
khalaf dan Perpaduan antara salaf dengan khalaf, adalah sebagai berikut :
- Contoh Pondok Pesantren Salaf
: Pondok Pesantren Blok Agung
Banyuwangi Jawa Timur, Pondok Pesantren Al Itqon Bugen Semarang, Pondok
Pesantren Darussalam Watucongol Muntilan Magelang Jawa Tengah, Pondok
Pesantren API Tegalrejo Magelang Jawa Tengah dan lain sebagainya.
- Contoh Pondok Pesantren Khalaf : Pondok
Pesantren Gontor, Pondok Pesantren As Salam Surakarta, Pondok Pesantren Pabelan Magelang, Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan Solo
dan lain sebagainya.
- Contoh Perpaduan antara salaf dengan khalaf adalah : Pondok
Pesantren Tebuireng Tambakberas Jombang Jawa Timur, Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Pondok Pesantren Darussalam Watucongol Muntilan Magelang Jawa Tengah, Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak
D. PERANAN PONDOK PESANTREN
TERHADAP LAHIRNYA
NU
Hubungan pondok pesantren dengan
NU Menurut KH. Muchid Muzadi ibarat antara ikan dengan air. Keduanya tidak dapat
dipisahkan, karena sebelum NU lahir para ulama telah membentuk
organisasi untuk mewadahi diri dan kiprahnya di pondok pesantren.
Pondok pesantren berperan sebagai alat transformasi kultural yang
menyebar dalam kehidupan masyarakat. Pesantren berupaya memberikan
pola kehidupan yang sesuai dengan agama dan masyarakat. Oleh
karena itu, sebelum NU terbentuk, pesantren telah memegang peranan penting
dalam lembaga pendidikan, lembaga dakwah, dan pengabdian masyarakat.
1. Peranan Pesantren sebagai
Lembaga Pendidikan
Pesantren sebagai lembaga
pendidikan, secara umum bertanggungjawab terhadap proses
pencerdasan bangsa sebagai seorang mukmin sejati yang mempunyai
kualitas moral dan intelektual. Secara khusus pesantren bertanggungjawab
terhadap kelangsungan tradisi agama Islam.
Pesantren sebagai lembaga
pendidikan memiliki kadar intelektual yang tinggi, karena
model-model pendidikan yang dilakukan tidak terikat secara
psikologis oleh waktu serta para santri bebas belajar menurut
materi yang disuguhkan di pesantren, juga kitab-kitab yang
dikaji tidak kalah dengan materi yang dipelajari di perguruan tinggi.
2. Pondok Pesantren sebagai
Lembaga Pendidikan Dakwah
Pondok pesantren sebagai lembaga
pendidikan bertugas melaksanakan Amar Makruf Nahi Munkar. Pendidikan
pesantren mampu mencetak santri yang menguasai agama dan dapat memberikan
ajaran agama melalui dakwah.
Pondok pesantren juga mampu
mempersiapkan dan mencetak para santri berkepribadian muslim, yaitu
berkpribadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Berakhlak mulia, bermanfaat bagi masyarakat, dan berkhidmat kepada
masyarakat.
3. Pesantren sebagai Tempat
Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat
Pesantren dapat berfungsi
sebagai lembaga pengabdiaan masyarakat, karena:
- Memiliki cara pandang tentang
kehidupan yaitu untuk melakukan ritual keagamaan murni dan untuk melakukan pengabdian
kepada masyarakat.
- Kecintaan yang mendalam terhadap
peribadatan dan pengabdian kepada masyarakat;
- Sanggup memberikan pengabdian dalam
bentuk apapun demi kepentingan masyarakat di atas kep;entingan perseorangan;
- Mampu menjadi tempat pelayanan
masyarakat, karena pesantren mampu membantu kebutuhan masyarakat, baik yang
bersifat material maupun spiritual.
4. Peran Pondok Pesantren
terhadap Lahirnya Nahdatul Ulama
Sejarah lahirnya NU tidak dapat
dipisahkan dari peran pesantren. Sebelum NU lahir, para ulama pesantren
telah membentuk organisasi atau jamiah untuk mewadahi diri dalam
kiprahnya. Organisasi itu antara lain Nahdatul Tujjar, yaitu
organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi umat. Nahdatul
Wathon (1918) adalah sebuah organisasi pendidikan yang didirikan di kampong
kawatan Surabaya dan Nahdatul syubban adalah organisasi kepemudaan. Kiai,
ustadz, santri, dan berbagai unsur dalam pesantren merupakan rumah
bagi NU. NU lahir dari gagasan para kiai pesantren. Hampir sebagian
besar pesantren yang ada di Indonesia berafiliasi dengan NU.
Keanggotaan NU tidak hanya dari
kalangan para ulama, namun anggotanya terdiri dari berbagai
lapisan masyarakat dan selalu terbuka untuk siapapun.
Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwasanya Pondok Pesantran adalah pendidikan pengajaran agama Islam
di mana kiai merupakan figur sentral bagi santrinya dan santrinya
tinggal di asrama untuk mengkaji kitab kuning. Menggunakan metode pembelajaran di pesantren dengan sistem bandongan dan sorogan. Pondok pesantren juga didirikan atas
dasar tafakkahu fiddin yang bertujuan memperdalam agama Islam agar
terbentuk manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT , berkepribadian bangsa sebagai
kader-kader ulama yang berguna dalam masyarakat, bangsa, negara, dan
agama demi kesejahteraan umat.
Di dalam pondok pesantren
terdapat lima elemen yang tidak dapat dipisahkan yaitu: kiai, santri,
masjid, asrama, dan kitab kuning. Memiliki pola hidup para santri hidup seadanya,
ikhlas, tabah, ukhuwah
islamiyah, mandiri, optimis, tawadhu’, amal
shaleh, dan disiplin, artinya setiap Pondok Pesantren selalu mengajarkan budi perkerti dan
Ahlak sebagai prinsip suatu kehidupan. Wallahu A’lam .. (MWC NU
Widasari).