Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
- Jelaskan pengertian qunut shalat subuh?
- Jelaskan Sejarah qunut shalat subuh?
- Apa saja Dalil-dalil qunut shalat subuh?
- Jelaskan Hukum qunut shalat subuh?
- Apakah anda Hafal bacaan qunut shalat subuh?
Untuk mempermudah dalam menjawab beberapa pertanyaan diatas, baca dan pahami uraian matteri berikut , sudah kaya anak sekolah saja ya sobat, namun ini penting untung mengingat kembali Amaliyah yang digunakan oleh Nahdlatul Ulama.
1. Pengertian qunut
Menurut bahasa qunut berasal
dari bahasa Arab قنوت yang berarti merendahkan
diri, tunduk atau ta’at kepada Allah SWT.
Selain itu qunut juga dapat diartikan sebagai berdiri tegak, diam.
Adapun pengertian Qunut menurut
istilah (terminology), adalah Dzikir-dzikir khusus yang mencakup
atas doa dan pujian kepada Allah SWT. Syeikh Nawawi al-Bantani
menambahkan dalam kitab al-Tsimar al-Yani’ah bahwa Qunut adalah
dzikir-dzikir khusus yang mencakup atas doa dan pujian kepada Allah SWT. Istilah
qunut di dalam ajaran Islam terbagi menjadi 3 macam, yaitu:
a. Qunut Subuh
Menurut istilah, qunut shalat
subuh adalah bacaan doa yang dibaca oleh musalli (orang yang shalat)
setelah iktidal dan sebelum sujud pada rakaat kedua dalam shalat subuh.
Tidak ada qunut dalam shalat lima waktu, kecuali hanya pada shalat subuh saja.
b. Qunut Witir
Qunut witir adalah qunut yang dibaca pada akhir rakaat shalat witir. Tentang membaca qunut witir ada 3 pendapat, yaitu:
- Sebagian ulama berpendapat bahwa qunut witir dapat dilakukan dalam setiap shalat witir, baik pada bulan suci ramadhan maupun di luar bulan ramadhan. Selama bulan suci ramadhan bagi warga NU membaca qunut witir semenjak tanggal 15 ramadhan sampai akhir bulan ramadhan.
- Menurut ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa qunut witir hanya dapat dilakukan selama shalat witir pada bulan suci ramadhan saja. Sehingga tidak ada shalat witir di luar bulan suci ramadhan.
- Sebagian ulama Hanfiyah mengatakan bahwa qunut witir sudah tidak lagi disyariatkan, sehingga qunut witir sudah tidak dilakukan dalam shalat witir, baik dalam bulan suci ramadhan maupun bulan lainnya.
c. Qunut Nazilah
Qunut nazilah adalah qunut yang
dibaca oleh umat Islam tatkala ada marabahaya atau musibah yang melanda umat
Islam seperti menyebarnya penyakit menular, umat Islam dilanda kelaparan secara
berkepanjangan atau umat Islam sedang dalam pembantaian orang kafir dan jenis
lainnya.
Tujuan dibacanya qunut nazilah adalah
memohon kepada Allah SWT semoga marabahaya bencana musibah
dan sejenisnya segera berakhir. Qunut nazilah ini dibaca setiap rakaat terakhir
setelah iktidal dalam shalat lima waktu.
“Qunut adalah dzikir-dzikir khusus yang mencakup doa dan pujian kepada Allah SWT.”
Bacaan qunut shalat subuh
pertama kali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Bacaan qunut ini dibaca
pada waktu sedang melaksanakan shalat subuh pada rakaat terakhir setelah
iktidal dan sebelum sujud. Membaca doa qunut pada shalat subuh adalah
bentuk keutamaan sebagaimana hadis nabi:
اَفْضَلُ الصَّلَاةِ طُوْلُ الْقُنُوْتِ
Artinya: shalat yang
lebih utama adalah memanjangkan qunut (HR.Bukhari)
Nabi di dalam shalat subuh pernah membaca doa qunut tetapi tidak selalu. Dari perilaku inilah umat Islam khususnya warga Nahdatul Ulama(NU) selalu melakukannya.
Umat Islam warga NU membaca doa
qunut, baik doa qunut shalat subuh, doa qunut witir maupun doa
qunut nazilah adalah berdasarkan dalil. Sehingga tidak dapat dikatakan
sebagai kegiatan mengada-ada dalam ibadah. Dalil qunut tersebut
meliputi tiga dalil, yaitu:
a. Dalil qunut shalat subuh
Ada beberapa hadis Nabi Muhammad
SAW yang menjelaskan tentang doa qunut dalam shalat subuh. Diantara hadist Nabi Muhammad
SAW tersebut adalah:
1. Hadis dari Anas bin Malik
عَنْ اَنَسْ بِنْ مَالِكٍ قَالَ:
مَا زَالَ رَسُولُ اللّٰهِ يَقْنُتُ فِ الْفَجْرِ
حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه احمد والدارقطني(
Artinya: Rasullah SAW
senantiasa membaca qunut pada shalat subuh hingga beliau
wafat. (HR. Ahmad bin Hambal)
2. Hadis dari Ibnu Sirrin
Berbunyi: dari Ibnu Sirrin
berkata, “Pernah aku bertanya kepada Anas, Pernahkah Rasullah SAW qunut di
sembahyang subuh? Ia menjawab: Ya, yaitu sesudah rukuk
sebentar. (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Hadis dari Ibnu Abbas
Berbunyi: dari Ibnu Abbas RA
bahwasannya Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan kepada mereka
akan doa ini, yakni: Allahumahdini hingga akhirnya, supaya
mereka membacanya
di waktu subuh. (HR. Baihaqi)
4. Hadis dari Abu Hurairah RA
Berbunyi: Dari Abu Hurairah
RA bahwasannya Rasulullah SAW, adalah ia bila mengangkat kepalanya dari rukuk
dari sembahyang subuh di rakaat yang kedua, ia angkat dua belah tangannya lalu
Ia berdoa dengan doa ini: Allahumahdinii fii man hadaita wa aafinii fii man
aafaita (hingga akhir). (HR. Hakim)
Yang menjadi dalil pelaksanaan doa qunut dalam shalat witir adalah hadis Nabi Muhammad SAW:
عَلَّمَنِيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ ﷺ كَلِمَاتٍ اَقُوْلُهُنَّ فِى قنُوُتِ الْوِتْرِ : اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ،
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ
لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، اَنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ
يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ
عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ .
Rasulullah SAW, tellah
mengajariku doa yang aku ucapkan pada witir, Wahai
Allah, berilah petunjuk padaku sebagaimana Engkau berikan
petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan kepadaku
sebagaimana Engkau berikan keselamatan (kepada selainku),
jadikanlah aku wali-Mu sebagaimana Engkau jadikan (selainku)
sebagai wali, berilah berkah kepadaku pada semua
pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau
menakdirkan dan tidak ada yang menentukan takdir
bagimu, dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia.
Maha suci dan Maha tinggi Engkau, wahai Rabb kami. (HR. Abu
Daud)
Membaca doa qunut pada saat
shalat witir adalah sesuatu yang disyariatkan. Hal ini berdasarkan
jumhur ulama, berdasarkan dalildalil yang sahih dan sarih. Hanya mereka
berbeda pendapat dalam
bacaan dan tata caranya. Di
bawah ini merupakan pendapat empat mazhab.
1. Mazhab Hanafi
Menurut kalangan Hanafiyah
berpendapat bahwa doa qunut dalam shalat witir dibaca sepanjang
tahun, tidak hanya pada
waktu bulan ramadhan saja. Hal ini juga
didukung oleh pendapat ‘Abdullah bin Mas’uud, Sufyaan Ats-Tsauriy, Ibnul Mubaarak,
Ishaaq, dan penduduk Kuufah.
Sedangkan tempat membaca qunut
adalah pada rakaat ketiga sebelum rukuk pada shalat magrib, sya, zuhur dan asar.Tata caranya dengan
membaca takbir sambil mengangkat kedua tangan lalu membaca doa qunut witir. Hal
ini didasarkan kepada pendapat Imam Ali yang melihat Nabi jika hendak membaca
doa qunut memulainya dengan bertakbir terlebih dahulu. Pendapat ini
sama dengan pendapat Malikiyah, namun bukan pada shalat
witir melainkan untuk shalat subuh (karena Mahzab Maliki termasuk
yang berpendapat qunut hanya ada pada shalat subuh dan nazilah).
2. Mazhab Maliki
Mahzab ini masyhur diketahui
menganggap bahwa qunut di waktu shalat witir tidak disyariatkan
dan hukumnya makruh untuk dikerjakan. Ini didasarkan kepada riwayat Ibnu Umar yang
tidak membaca qunut pada semua shalat sunah.
3. Mazhab Imam Syafi’i
Ulama Syafi’iyah berpendapat
bahwa qunut itu dibaca setelah rukuk pada akhir shalat witir pada
pertengahan bulan ramadhan. Pendapat Syafi’iyah ini bersumber dari
hadis riwayat Abu Dawud
dan Baihaqi bahwa Ubay bin Ka’ab dan juga
riwayat lain dari para sahabat dan Tabi’in. dari ‘Amr bin Hasan, bahwasannya ‘Umar
menyuruhUbay bin Ka’ab untuk mengimami shalat (tarawih) pada bulan
ramadhan dan beliau menyuruh Ubay bin Ka’ab untuk
melakukan qunut pada pertengahan ramadhan yang dimulai pada
malam 16 ramadhan. Namun dalam kitab Al-Mausu’ah Fiqhiyah al Kuwaitiyah jilid ke
34 pada halaman 64 disebutkan adanya pendapat sebagian ulama
Syafi’iyah yang mengatakan bahwa qunut witir dilakukan sejak
awal bulan ramadhan. Mengenai tata caranya menurut mazhab Syafi’i qunut witir
sebagaimana qunut subuh dibaca pada waktu setelah bangkit dari rukuk pada
rakaat terakhir.
4. Mazhab Hambali
Para ulama Hanbauliah
berpendapat seperti ulama Hanafiyah yakni mengatakan bahwa doa qunut dalam
shalat witir dibaca sepanjang tahun tidak hanya pada waktu bulan ramadhan saja.
Ulama membolehkan menambahkan dengan bacaan doa-doa lain bahkan dengan redaksi
buatan sendiri yakni yang tidak diriwayatkan dari Nabi (ghairu ma’tsur). Dan
tentu doa ma’tsur lebih utama untuk digunakan. Kebolehan ini pun disertai
syarat bahwa doa itu tidak bolah menyalahi Alqur’an dan hadis Nabi Muhammad
SAW.
c. Dalil qunut nazilah
Yang menjadi dalil pelaksanaan doa qunut nazilah adalah hadis Nabi Muhammad SAW berikut:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: أَنَّ رِعْلًا، وَذَكْوَانَ،
وَعُصَيَّةَ، وَبَنِي لَحْيَانَ اسْتَمَدُّوا رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ عَلَى عَدُوٍّ،
فَأَمَدَّهُمْ بِسَبْعِينَ مِنَ الأَنْصَارِ، كُنَّا نُسَمِّيْهِمُ القُرَّاءَ فِي
زَمَانِهِمْ، كَانُوا يَحْتَطِبُونَ بِالنَّهَارِ، وَيُصَلُّونَ بِاللَّيْلِ، حَتَّى
كَانُوْا بِبِئْرِ مَعُوْنَةَ قَتَلُوْهُمْ وَغَدَرُوْا بِهِمْ، فَبَلَغَ النَّبِيَّ
ﷺ فَقَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو فِي الصُّبْحِ عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ
العَرَبِ، عَلَى رِعْلٍ، وَذَكْوَانَ، وَعُصَيَّةَ، وَبَنِي لَحْيَانَ
Artinya: Dari Anas bin Malik RA berkata: bahwa Bani Ri’lin, Zakwan, Usaiyah dan Bani Lahyan pernah meminta pertolongan dari Rasulullah SAW untuk menghadapi musuh mereka. Maka baginda menghantar bantuan seramai 70 orang sahabat dari golongan Ansar. Kami menamakan mereka sebagai Al-Qurra, mereka dahulunya mengedarkan makanan untuk orang-orang yang memerlukan pada siang hari dan banyak menunaikan shalat pada malam hari. Sehinggalah mereka sampai di Bi’ri Mau’nah tiba-tiba mereka dibunuh dan dikhianati oleh kabilahkabilah. Apabila berita itu sampai kepada Nabi Muhammad SAW, baginda membaca qunut (nazilah) selama sebulan dan berdoa dalam shalat subuh untuk dikenakan balasan ke atas jenazah dan pengkhianatan Bani Ri’lin, Zakwan, ‘Usayyah dan Bani Lahyan. (HR. Al-Bukhari)
“Rasullah SAW senantiasa membaca qunut pada shalat subuh hingga beliau wafat. (HR. Ahmad bin Hambal)”
Dari beberapa hadis di atas yang
menjadi dalil pelaksanaan qunut baik qunut shalat subuh, witikr dan
nazilah umat Islam sebagai warga NU membaca tersebut qunut, menurut
Imam Syafi’I adalah sumah. Sunah berarti ketika umat Islam
melakukan akan memperoleh pahala dan apabila tidak melakukan tidak
berdosa.
Umat Islam sebagai warga NU selalu melakukan doa qunut dalam shalat subuh. Karena mengikuti perilaku Rasulullah SAW dalam beribadah. Perilaku sunah ini menjadi bukti bahwa kita meneladani dan setia kepada Rasulullah SAW. Karena hanya Rasulullah lah yang menjadi sumber teladan dalam setiap aspek kehidupan termasuk di dalam pelaksanaan shalat lima waktu. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al Ahzab (21):
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ
اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ
وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ
Artinya: Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. (QS. Al Ahzab :21).
C. BACAAN QUNUT SHALAT SUBUH,
WITIR DAN NAZILAH
Pada umumnya yang menjadi bacaan qunut bagi umat Islam khususnya bagi warga NU dalam shalat subuh dan shalat witir adalah sebagaimana yang pernah dibaca oleh Nabi Muhammad SAW adalah:
اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ
فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى
عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ
وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى
سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya: Ya Allah berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.
“Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang-orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha luhurlah Engkau. Segala puji bagi Mu atas yang telah Engkau pastikan. Semoga Allah memberi rahmat, berkah, dan salam atas Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan sahabatnya.”
Sedangkan bacaan doa qunut dalam shalat witir menurut Mahzab Hanafi dan Syafi’i adalah sebagai berikut:
اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْتَعِينُكَ، وَنَسْتَهْدِيْكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ ، وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ،
وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَتَوَكَّل عَلَيْكَ، وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ،
نَشْكُرُكَ وَلاَنَكْفُرُكَ، اَللّٰهُمَّ اِيَّاكَ نَعْبُدُ، وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ، وَاِلَيْكَ
نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ، وَنَخْشَى عَذَابَكَ الْجِدَّ بِ
الْكُفَّارِمُلْحَقٌ ،اَللّٰهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنَا فِيْمَنْ
عَافَيْتَ وَتَوَلَّنَا فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لَنَا فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنَا شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ
لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ
رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، اَللّٰهُمَّ اِنَّانَعُوْذُ بِرِضَاكَ مَنْ سَخَطِكَ
وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَبِكَ مِنْكَ، لَانُحْصَى ثَنَاءً عَلَيْكَ
اَنْتَ كَمَا اَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan Mu, kami memohon petunjuk dari Mu, kami meminta ampun kepada Mu, kami beriman kepada Mu, kami berserah kepada Mu dan kami memuji Mu dengan segala kebaikan, kami mensyukuri dan tidak mengkufuri Mu. Ya Allah, Engkau yang kami sembah dan kepada Engkau kami shalat dan sujud, dan kepada Engkau jualah kami datang bergegas, kami mengharap rahmat Mu dan kami takut akan azab Mu karena azab Mu yang sebenarnya akan menyusul mereka yang kufur. Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Selamatkanlah kami dalam golongan orang-orang yang Engkau telah pelihara. Uruslah kami diantara orang-orang yang telah Engkau urus. Berkahilah kami dalam segala sesuatu yang Engkau telah berikan. Hindarkanlah kami dari segala bahaya yang telah Engkau tetapkan. Sesungguuhnya Engkau lah yang menentukan dan bukan yang ditentukan. Sesungguhnya tidak akan jadi hina orang yang telah Engkau lindungi. Engkau wahai Rabb kami adalah Maha Mulia dan Maha Tinggi. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan Mu dari kemarahan Mu, dengan keselamatan Mu dari ancaman Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan pada diri Mu.
1. Tata cara pelaksanaan
membaca qunut shalat subuh, witir dan nazilah
Ada beberapa cara yang perlu dilakukan oleh umat Islam dalam melaksanakan doa qunut, baik qunut shalat subuh, witir maupun nazilah yaitu:
- Mengangkat kedua tangan
- Membaca doa qunut setelah selesai membaca doa iktidal secara sempurna
- Apabila doa qunut dibaca dalam shalat subuh sendirian, maka semua lafal dibaca “ni “
- Dan apabila doa qunut shalat subuh dibaca oleh seorang imam, maka semua lafal yang dibaca “ni” dirubah menjadi “na”
- Ketika doa qunut salat subuh dibaca oleh imam, maka jamaah mengucapkan “Aamiin”
Setiap umat Islam yang membaca doa qunut dalam shalat subuh, maka akan memperoleh banyak manfaat antara lain:
- Dapat memperoleh pahala, karena membaca qunut adalah perbuatan sunah.
- Dapat memperoleh ketentraman hati, karena diantara keinginan manusia telah disampaikan kepada Allah melalui doa qunut.
- Dapat melestarikan sunah Nabi, karena doa qunut subuh merupakan amalan Nabi
“Hukum melakukan doa qunut dalam shalat subuh, witir dan nazilah yaitu sunah sehingga memperoleh jaminan pahala bagi yang melakukan”.
Nah
itulah sedikit penjelasan tentang Qunut, dan sebagai Warga Nahdlatul Ulama
semoga kita selalu mengamalkan apa yang menjadi Sunnah baginda Nabi Muhammad
SAW. Wallahu ‘Alam .. (MWC NU Widasari)
0 Komentar